5 Tips Agar Kalian Lolos Perguruan Tinggi Negeri


Udah berpikir belum mau masuk perguruan tinggi negeri mana nih?, pasti udah kan, apalagi untuk anak anak kelas 12 yang memang diwajibkan harus menentukan kemana mereka pergi nantinya, soalnya kan kalian udah diujung nih nggak mungkin kalian tidak terbesit sedikit pun ingin mencoba masuk perguruan tinggi yang memang harus dicoba hahaha.

Dari pengalaman mimin masuk perguruan tinggi kalau tidak salah ada dua jalurnya, yakni jalur undangan atau disebut juga SNMPTN dan jalur tertulis atau SBMPTN nah dari dua jalur masuk ini kalian bisa dapat dua - duanya atau cuman satu yakni jalur tertulis. Nah disini aku akan kasih sedikit tips agar kalian bisa lolos perguruan tinggi negeri favorit kalian.

1. Kenali Dulu Siapa Diri Kau.


Pertama dan yang terpenting kalian harus tau siapa diri kalian, makanya sebelum - sebelumnya kalian itu mending ikut deh tes tes atau try out gitu, soalnya kalian akan tau sebatas mana kemampuan kalian. Apalagi kalau tes itu menyangkut sedikit tidaknya tentang tes psikotes, bisa tau deh bakat dan minat kalian kemana. Selain dari itu, kalian juga bisa kok atau istilahnya tu 'ngaca' hahaha.

"Aku nih suka hewan, suka hewan peliharaan, suka hal hal yang berbau dunia binatang" nah mending nyoba di kedokteran hewan aja. nah kek gitu.

Cek Potensi Bakat Dan Minatmu

2. Tau Informasi Tentang Program Studi Yang Kalian Akan Pilih


Jangan asal pilih program studi, nanti lolos eh bukan minat ama bakatnya, nggak senang nanti malah malas kuliah, makanya dari itu jika kita udah tau siapa diri kita, nah sekarang cocok nggak dengan program studi yang kita ambil. Misal ahli komputer tapi malah masuk pertanian kan sedikit agak nyimpang tu. Mau nanam laptop apa? hahaha

3. Harus Tau "Who is Your Enemy and Who is Your Friend"


Terdengar licik tapi ya gitulah, maksudnya disini semisalnya kalian itu mau masuk fakultas kedokteran dan ternyata kawan lu juga mau masuk kedokteran dan itu via undangan dan lu juga udah ngaca kalau lu nilainya pas pasnya, mending batalin deh pilih yang lain, kalau gak pilih dengan menghadapi resiko terburuknya, tapi tenang tuhan tau mana yang terbaik.

4. Ikut Tes Masuk PTN


Dari cerita tips pertama kalian sadar bahwa belajar memang wajib bagi kita. Dari tiga yang diatas tak kalah penting juga adalah rencana agar ikut tes masuk PTN atau disebut juga SBMPTN, kenapa? tidak semuanya tong bakal diterima jalur undangan, pasti ada beberapa dari kalian akan diwajib ikut tes SBMPTN oleh sistemnya atau kalian lolos tapi jangan senang dulu kalian juga diseleksi apakah nilai raport kalian pas atau kagak dengan universitas yang dipilih. Jadi intinya jangan lupa untuk BELAJAR.

5. Jaga Kesehatan


Dan yang paling penting dari segala hal yang diatas adalah ini, kesehatan. Tidak maukan nanti saat dekat dekat tes malah kena penyakit, jadi terus jaga kesehatan, pola makan harus dijaga, tidur jangan larut malam, dan jangan sampai stress.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »