Terraforming, Mengubah Sebuah Planet Menjadi Layak Huni Untuk Makhluk Hidup


Halo mimin akan membahas tentang konsep apa itu terraforming/terraform. Sebelumnya untuk para penganut paham planet papan tidak dianjurkan akan artikel ini soalnya nanti kalian bisa sakit otak. Oke, lanjut ke topik, ini real pemikiran dari mimin jadi kalu kurang lengkap atau ada saran menambahkan langsung klik di kolom komen yaa. Kita tau kan beberapa dekade ini banyak negara ingin berlomba ngirim manusia ke planet Mars lalu begaimana bisa manusia hidup di dunia yang sangat berbeda dengan dunia kita yaitu Bumi toh di Mars nggak ada air dan pohon, yang ada malah cuman angin, radiasi, dan segala yang bisa dikatakan tempat bunuh diri spesial.

Apa sih Teraform/Terraforming?


Terraform (berarti "membentuk Bumi") planet, bulan, atau struktur lainnya, adalah proses bersifat hipotesis yang mengubah atmosfer, temperatur, topografi permukaan atau ekologi menjadi mirip dengan Bumi sehingga dapat dihuni oleh manusia. Dikutip dari Wikipedia

Kalau dilihat dari penjelas wikipedia, artinya terraform itu mengubah planet tak layak huni menjadi planet yang layak huni terutama untuk manusia tinggal. Konsep terraform ini memang masih sekedar hipotesis, tapi walaupun begitu konsep terraform itu cukup masuk akal. Sebab terraform itu hanya mengubah saja, ibarat rumah baru maka sebelumnya kita harus membersih rumah tersebut biar bisa ditinggal. Sama halnya dengan terraform, kita harus merapikan suatu planet tersebut agar mirip seperti 'Bumi'.

Apa Yang Dibutuhkah?

Persyaratan absolut untuk menciptakan kehidupan adalah sumber energi, tetapi hal penting lainnya dalam menciptakan suatu kehidupan di suatu planet adalah faktor geofisika, geokimia, dan astrofisika yang harus diketahui terlebih dahulu sebelum dinyatakan mampu menyokong kehidupan. Syarat suatu planet bisa mendukung kehidupan adalah:

  1. Memiliki bintang yang jaraknya cukup dengan perbandingan dengan energi yang dikeluarkan bintang tersebut. Sudah ada selama miliaran tahun untuk memberi kesempatan pada planet tersebut untuk membentuk suatu keadaan yang sedikit menyokong kehidupan, dan mungkin menciptakan kehidupannya sendiri.
  2. Memancarkan cukup radiasi ultra violet untuk memulai dinamika atmosfer untuk menciptakan formasi ozon, tetapi tidak terlalu banyak ionisasi yang bisa membunuh kehidupan.
  3. Air ada pada permukaannya. Air adalah sumber utama kehidupan.
  4. Planet itu memiliki rasio massa dan volum yang cukup. Planet yang memiliki rasio massa dan volum yang terlalu kecil memiliki gravitasi yang terlalu rendah yang membuat keberadaan atmosfer menjadi hampir tidak mungkin. Kandungan atmosfer juga memainkan peranan penting untuk menciptakan materi biokimia dasar, insulasi, dan perpindahan kalor dari permukaan. Insulasi dan perpindahan kalor penting untuk mempertahankan temperatur bagian planet ketika tidak disinari cahaya bintang (perhatikan bulan yang suhu permukaannya tinggi ketika disinari cahaya matahari namun sangat dingin pada bagian lainnya yang tidak disinari matahari). Keadaan atmosfer juga penting untuk perlindungan terhadap serangan dari luar angkasa, dalam bentuk materi (meteor) ataupun energi (radiasi).
  5. Memiliki empat elemen yang vital bagi kehidupan di bumi: Karbon, Hidrogen, Oksigen, dan Nitrogen.

Dan yang terpenting adalah Planet tersebut masuk dalam katagori Zona "Layak Huni" secara jarak, untuk perbandingan adalah Zona layak huni di Tata Surya kita berada pada radius lingkar orbit Venus, Bumi, dan Mars karena pada jarak tersebut suatu planet tak akan terlalu panas atau pun terlalu dingin, di Zona ini juga biasanya atmosfer, air, bebatuan, dan iklim akan datang sendiri sehingga melakukan terraform menjadi lebih mudah dan effisien dari pada membuat total suatu planetnya.

Salah satu contoh planet layak huni selain Bumi adalah Mars, nah walaupun begitu mars belum masuk layak huni diperuntukan untuk manusia, karena kadar dari atmosfer, iklim, dan air pada planet tersebut minim bahkan tidak ada. Sehingga sebelum dinyatakan sebagai layak huni secara menyeluruh Mars harus di-bumi-kan atau di-terraform-kan terlebih dahulu.

Cek Video ini untuk melihat proses terraform-nya Mars.


Akhir kata, mungkin masalah penyebab dari kenapa tidak melakukan terraform adalah dana dan juga melakukan terraform itu bukanlah proses instan langsung jadi, tetapi harus memakan waktu cukup lama agar benar - benar layak huni. Terraform artinya sama saja dengan penyerbukan buatan atau dengan kata lain dengan campur tangan manusia agar lebih cepat penyerbukannya, beda dengan penyerbukan secara alami yang harus menunggu waktu lebih lama dari yang penyerbukan terbantu.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »