Ini Dia, 5 Mata Uang Digital Selain Bitcoin


Halo semua, kembali lagi sama mimin. Nah sekarang sudah banyak denger kasus Bitcoin haram, ditolak untuk transaksi, dan sekarang Bitcoin lagi turun marketnya. Tapi disini mimin tidak ngomomg masalah Bitcoinnya ya wkw, tapi tentang mata uang digital selain Bitcoin atau juga disebut mata uang crypto. Sebelumnya apa itu mata uang crypto? Mata uang crypto adalah mata uang digital yang telah diciptakan melalui kriptografi, lalu apa itu kriptografi?

Kriptografi (cryptography) berasal dari bahasa Yunani, terdiri dari dua suku kata yaitu kripto dan graphia. Kripto artinya menyembunyikan, sedangkan graphia artinya tulisan. Kriptografi adalah ilmu yang mempelajari teknik-teknik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi, seperti kerahasiaan data, keabsahan data, integritas data, serta autentikasi data .Tetapi tidak semua aspek keamanan informasi dapat diselesaikan dengan kriptografi.
Kriptografi dapat pula diartikan sebagai ilmu atau seni untuk menjaga keamanan pesan.
Untuk Informasi lebih lanjutnya silahkan klik disini, atau disini. Mimin juga kurang ngerti tapi mungkin maskudnya mata uang crypto ini tercipta karena permainan kode - kode unik dalam sistem kodenya. Lalu apa lebihnya dengan mata uang biasa?

Dikutip dari bccindonesia.co ,

TRANSFER UANG
Ketika uang ditransfer dengan menggunakan prosedur perbankan yang normal, transfer uang tidak hanya membutuhkan beberapa hari tetapi biasanya dikenakan biaya yang tinggi. Hal ini diatur oleh bank dan selain itu ada perbedaan nilai tukar yang berubah setiap hari. Untuk jumlah uang pribadi, kebanyakan negara akan memiliki batas harian dan jika jumlahnya membutuhkan lebih dari satu transaksi untuk membayar barang tertentu, maka akan menarik biaya setiap saat.
Dengan mata uang crypto, semua hal di atas tidak berlaku kecuali biaya namun biaya yang terkait dengan transfer mata uang crypto jauh lebih rendah daripada biaya bank. Selain itu, tidak ada batasan dalam jumlah uang yang dapat Anda transfer, tidak ada perbedaan pertukaran dan jumlahnya hampir sama.
ANONIMITAS
Kalau Anda melakukan pembayaran dari kartu kredit, kartu debit atau transfer kawat melalui internet, semua rincian pengirim dan penerima diungkapkan.
Dengan cryptocurrency, hal tersebut tidak akan terjadi karena transaksi tidak bisa dilacak ke pengirim atau penerima dimana hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk menggunakan mata uang crypto. Fitur penggunaan mata uang crypto ini memberikan privasi, tidak seperti transfer digital dimana rincian perseorangan pengirim dan penerima harus dilaporkan.
TIDAK ADA BATASAN
Mata uang crypto tidak dibatasi untuk negara manapun tidak seperti penggunaan kartu kredit dimana beberapa negara tidak menerima transaksi dari negara tertentu dan hal yang sama berlaku untuk bank. Sebagian besar negara di dunia mengizinkan platform pertukaran cryptocurrency, oleh karena itu seseorang dapat melakukan transaksi secara global tanpa mengkhawatirkan peraturan pemerintah.
NILAI
Nilai crypto tidak diatur sama sekali oleh bank tetapi diatur oleh penawaran dan permintaan. Mata uang crypto memiliki jumlah terbatas yang akan dibuat seperti Bitcoin yang akan dibatasi hingga 21 juta dan diperkirakan nilainya akan meningkat di masa yang akan datang.
Mata uang digital diatur oleh pemerintah dan berhubungan dengan nilai mata uang Fiat suatu negara. Nilai mata uang ini diatur oleh bank sentral dan jumlah peredaran. Oleh karena itu nilai tersebut bergantung pada seberapa baik bank sentral mengendalikan inflasi dan jumlah uang yang beredar.
KONTROL PENUH
Dengan mata uang crypto, seseorang memperolehnya melalui pertukaran online atau pertambangan dan kemudian dimasukkan ke dalam dompet digital. Dompet ini tersedia bagi pengguna selama mereka memiliki koneksi internet dan bisa digunakan untuk membayar barang dimanapun mereka tinggal. Pada dasarnya, orang tersebut adalah bankir untuk diri mereka sendiri dan memiliki kontrol penuh atas uang mereka dan bagaimana cara menggunakannya.
Mata uang digital tidak mengizinkan semua orang melakukan hal ini karena diatur oleh pemerintah dan bank.
Dan, ini dia lima mata uang crypto selain Bitcoin

1. Ethereum

Pertama adalah Ethereum, sama seperti uang digital yang lain Ethereum ini make kriptografi dengan bahasa pemogramannya C++, Go, Java, Javascript, Python, dan Haskell. Ethereum ini kode uangnya ETH dan sekarang 1 ETH sama dengan 1293,62 USD (Pertanggal 14/01/18)

2. Ripple

Yang kedua adalah Ripple, Ripple ini ditemukan tahun 2012 dan ditulis dengan bahasa pemograman C++. Ripple ini kode uangnya adalah XRP dan sekarang 1 XRP sama dengan 1,82 USD (Pertanggal 14/01/18)

3. Zcash

Kemudian bernama Zcash, masih baru alias masih anget anget hehe, ditemukan pada tahun 2016 menggunakan kriptografi sama halnya dengan Bitcoin. Kode uang untuk Zcash adalah ZEC, walaupun terbilang baru Zcash ini cukup mengiurkan soalnya 1 ZEC ini sama dengan 655,10 USD (Pertanggal 14/01/18)

4. Dash

Lalu Dash, sama dengan yang lain Dash menggunakan teknik kriptografi sama seperti Bitcoin dan ditulis dengan bahasa pemograman C++. Yang lain dari Dash adalah Dash adalah mata uang open source. Ditemukan tahun 2014, sebelum bernama Dash, mata uang dikenal dengan nama XCoin dan Darkcoin, kode mata uangnya adalah DASH, dan 1 DASH sama dengan 998,68 USD (Pertanggal 14/01/18).

5. Litecoin

Litecoin, mata uang sama dengan lain, dan Litecoin koin sama seperti Dash yang bersifat open source. Ditemukan pada tahun 2011. Kode nama dari Litecoin adalah LTC dan 1 LTC sama dengan 237,87 USD (Pertanggal 14/01/18)

Masih banyak kok mata uang digital yang menggunakan sistem kriptografi, mimin hanya kasih beberapa, siapa tau juga mau menginvestasikan kesalahsatu mata uang tersebut. hahaha, sekian dari mimin. Terima Kasih

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »